Up in the Air (2009)

Posted on 27 February 2010

1


Ryan Bingham (George Clooney) adalah orang yang bepergian ke berbagai tempat di seluruh dunia dan mengatur proses PHK atas nama bos-bos yang terlalu pengecut untuk melakukannya sendiri. Ryan menjalani kehidupan yang bebas, dia jarang mengunjungi keluarganya dan lebih suka hidup sendiri. Dalam perjalanannya, Dia bertemu Alex (Vera Farmiga) dan Natalie Keener (Anna Kendrick). Masuknya mereka berdua dalam kehidupannya membuatnya mempertanyakan kembali pandangan hidupnya

Ada dua kelebihan film Up in the Air yang sangat menonjol : cerita dan jajaran pemainnya.
Dari segi cerita, film ini sangat menarik untuk diikuti. Temanya jelas sudah bisa menarik perhatian, seseorang yang pekerjaannya pergi dari satu tempat ke templat lain untuk memecat orang, bukankah itu sangat menarik? Dan dari tema itu dipaparkan lagi lapisan-lapisan yang membuat keseluruhan cerita Up in the Air begitu memikat. Isu sosial yang kuat -ditambah dengan kondisi Amerika Serikat yang sesuai dengan penggambaran di film ini, bagian percintaan yang ciamik, pesan-pesan kehidupan yang dituturkan dengan asik, tidak lupa dengan selipan-selipan humor yang sukses menghadirkan gelak tawa. Kesemuanya benar-benar menarik untuk diikuti. Pantas saja di Golden Globes kemarin film ini berhasil meraih penghargaan Best Screenplay -dan sepertinya kans untuk menang di Oscar pun terbuka cukup besar.

George Clooney yang semakin tua semakin matang dan berkharisma jelas hiburan tersendiri untuk kaum hawa. Tidak hanya menarik dari segi fisik, Om Clooney juga piawai memainkan karakternya dengan pas. Banyak yang bilang bahwa penampilannya di film ini adalah salah satu penampilan terbaiknya, dan saya tidak berfikir dua kali untuk ikut berpendapat demikian. Jangan lupakan dua perempuan yang juga berhasil menampilkan akting prima di sini. Pertama ada, Anna Kendrick yang bermain total sebagai ‘si anak bawang’ yang pintar, yang lihai memainkan mimik wajah, yang berhasil mencuri perhatian saya dari awal hingga akhir. Vera Farmiga yang menjadi love interest Clonney tampil meyakinkan sebagai Alex, perempuan yang sukses menarik perhatian si ‘dingin’ Ryan. 3 orang ini memang luar biasa, pantas saja di hampir seluruh penghargaan film mereka selalu masuk jajaran nominasi terbaik. Salut!

Sebelum membesut film ini, Jason Reitman telah mencuri perhatian lewat film Thank You For Smoking (2005) dan Juno (2007), dan dua tahun setelah film terakhirnya itu Reitman kembali mencuri perhatian banyak orang lewat film ini. Menurut saya selain berhasil membuat cerita yang menarik, Reitman juga sutradara yang berhasil menuturkan cerita yang ia tulis dalam kemasan yang unik. Bagaimana cara Reitman membuka film ini, bagaimana cara Reitman memperhatikan detail koper yang selalu dibawa Ryan, dan banyak bagaimana-bagaimana lainnya yang pada akhirnya mengukuhkan Reitman telah berhasil membuat karya yang jempolan.

Sebuah film dengan cerita dan jejeran pemain yang sangat layak diacungi jempol

Jenis Film : Drama
Sutradara : Jason Reitman
Pemain : George Clooney, Vera Farmiga, Anna Kendrick, Jason Bateman,
Penulis : Jason Reitman, Sheldon Turner
Produser : Ivan Reitman, Jason Reitman, Daniel Dubiecki
Penghargaan : Oscar 2010 *6 nomination : Picture, Screenplay, Director, Actor, Supporting Actress (2)
Golden Globes 2010 : Best Screenplay, dengan 5 nominasi lainnya

Posted in: Uncategorized