The Blind Side (2009)

Posted on 28 February 2010

1


Michael Oher, seorang remaja yang hidup terlantar dan tidak memiliki tempat tinggal. Ia diterima di sebuah sekolah karena potensinya sebagai atlet, namun ia bukanlah siswa aktif, ia lebih sering diam, kemampuan akademisnya pun tidak terlalu bagus. Suatu malam Oher bertemu dengan Leigh Anne Tuohy yang menawari Oher untuk menginap di rumahnya. Setelah hari itu, Leigh Anne beserta keluarganya memiliki ikatan baru dengan Oher, Leigh Anne dan suaminya, Sean, akhirnya menjadi wali untuk Oher, mereka juga membantu Oher untuk memaksimalkan potensi yang ia miliki dan pada akhirnya membuat Oher berhasil menjadi seorang atlet football.

Sebuah drama from zero to hero.
Cerita klasik yang sudah cukup sering digarap oleh sineas lain. Cerita yang sejujurnya tertebak karena memiliki pakem yang sama dengan film bertemakan olahraga lainnya. Dari sisi cerita -menurut saya- tidak terlalu istimewa, beberapa bagian memang cukup menyentuh dan usaha untuk menghadirkan twist ketika mendekati ending juga cukup berhasil, namun secara keseluruhan film ini belum masuk kategori istimewa untuk saya. Blind Side menawarkan kisah penuh inspirasi dari tokoh nyata, muatan inspirasinya kuat, namun saya kurang bisa menikmatinya karena menurut saya kurang ‘greget’

Sandra Bullock menjadi bintangnya film ini.
Lewat karakter Leigh Anne yang dimainkannya, Sandy berhasil menggondol piala aktris terbaik di Golden Globes kemarin dan bukan tidak mungkin ia berhasil meraih Oscar -dimana lewat film ini ia mendapatkan nominasi pertamanya! Sandy memang bermain apik, banyak pula yang bilang di sinilah akting terbaiknya selama berkarier, sedikit banyak saya setuju dengan pendapat itu, bagaimana cara Sandy memainkan karakternya memang cukup menawan, guratan emosi dan caranya membawa diri berhasil menghidupkan film ini.

Buat saya The Blind Side bukan film istimewa.
Bagus, namun tarafnya masih belum bisa menohok hati dan membuat saya benar-benar terpaku untuk menikmati jalannya film dari awal hingga akhir. Sebuah film yang menampilkan Sandra Bullock yang menaiki satu anak tangga dalam tingkatan aktingnya.

Jenis Film : Drama
Sutradara : John Lee Hancock
Pemain : Sandra Bullock, Tim McGraw, Quinton Aaron, Jae Head, Lily Collins, Kathy Bates
Penulis : John Lee Hancock
Produser : Gil Netter, Andrew A. Kosove, Broderick Johnson
Penghargaan : Oscar 2010 : 2 Nominasi (Best Actress & Best Picture)

Posted in: Uncategorized