Julie & Julia (2009)

Posted on 1 March 2010

0


Julie (Amy Adams) seorang perempuan yang sedang memulai sesuatu yang baru dalam hidupnya. Setelah berdiskusi dengan Eric (Chris Messina), suaminya, ia memutuskan untuk menjalankan sebuah project yang ia tuliskan di blog. Sebuah project selama 1 tahun dimana ia harus menyelesaikan ratusan resep. Project Julie ini terinspirasi oleh Julia (Meryl Streep), seorang pemasak handal yang bersuamikan Paul (Stanley Tucci). Julia memulai karier bermasaknya dengan cara yang berliku, namun pada akhirnya ia berhasil membuktikan diri bahwa ia bisa sukses, bahkan hingga memiliki show memasak sendiri. Julia adalah inspirasi Julie. Julia adalah panutan Julie.

Cuma satu kata : suka.
Saya suka film ini. Banyak aspek di film ini yang ‘kena’ di saya dan membuat saya sangat menikmati jalinan cerita film ini. Julie & Julia diangkat dari dua kisah nyata dan hal tersebut membuat saya kian menyukai film ini. Tema pengejaran mimpi dan pembuktian diri yang hadir lewat karakter Julie & Julia terasa ‘dekat’ dengan saya yang juga selalu berusaha mengejar dan membuktikan bahwa saya bisa meraih keinginan saya. Karena tidak hanya Julie & Julia saja yang bisa mengejar mimpi mereka, saya pun bisa.

Selain nyambung dengan saya, cerita film ini mudah dinikmati. Dua cerita yang tersaji dipaparkan dengan cara yang enak, yang membuat penonton nyaman mengikuti jalinan kisah antara Julie & Julia yang hampir mirip. Nora Ephron, sebelumnya pernah mendapat 3 nominasi Oscar (salah satunya lewat film When Harry Met Sally, yang merupakan salah satu film favorit saya!), dan di film ini ia membuktikan diri bahwa ia memang apik membuat dan menyajikan cerita yang simpel namun penuh dengan muatan inspirasi. Cerita biasa yang terbungkus dalam kerdas kado yang luar biasa.

Meryl Streep juaranya.
Kualitas akting Ibu yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Streep berhasil memerankan karakter Julia dengan totalitas yang luar biasa. Ia benar-benar memikat. Ia benar-benar mencuri perhatian -salah satunya ia berhasil mencuri perhatian juri Golden Globes yang kemarin memberinya gelar aktris terbaik. Bukan tidak mungkin Streep akan meraih Oscar ketiganya dalam perhelatan Oscar minggu depan. Meski tidak segemilang Streep, Amy Adams juga berhasil mencuri perhatian lewat gaya manisnya yang lucu. Stanley Tucci dan Chris Messina juga menampilkan performa yang baik dan selaras dengan akting dua wanita di atas. Tapi memang, Streep-lah yang paling mencuri perhatian.

Saya suka film ini.
Alasan saya memang tergolong personal, tapi dari kacamata lain saya memang sudah seharusnya menilai bahwa film ini memang menarik untuk ditonton. Sebuah kisah yang menarik. Sebuah permainan akting yang apik. Satu sajian yang tidak hanya menghibur, namun juga memberi sesuatu -buat saya, gak tau apa berlaku juga untuk anda.

Film menarik yang menampilkan akting Meryl Streep yang semakin ciamik.


Jenis Film : Drama
Pemain : Meryl Streep, Amy Adams, Stanley Tucci, Chris Messina
Sutradara & Penulis : Nora Ephron
Penghargaan : Oscar 2010 (1 Nominasi : Best Actress). Golden Globes 2009 (Best Actress, Nominasi Best Screenplay)

Posted in: Uncategorized