Shutter Island (2010)

Posted on 10 March 2010

2


Di tahun 2007, Martin Scorsese berhasil meraih penghargaan sutradara terbaik di Oscar lewat film The Departed. Kali ini Scorsese mencoba memberi sesuatu yang baru untuk penikmat film lewat genre thriller yang ia usung.

Leonardo Dicaprio kembali digaet Scorsese untuk menjadi pemeran utama di filmnya. Leo pun kembali membuktikan bahwa makin hari kemampuan aktingnya menjadi kian maksimal -meski menurut saya dari segi fisik ia terlihat semakin gempal. Di sini gurat emosi Leo serta perubahan karakter yang ia mainkan bisa ditunjukkan dengan sangat baik. Bravo!

Ben Kingsley, Michelle Williams dan Mark Ruffalo juga bermain apik. Saya suka bahasa tubuh Kingsley dan saya suka sekali tiap Michelle Williams muncul karena ia merupakan salah satu kunci misteri dari kisah ini. Mark Ruffalo? Di sini ia berhasil menjadi tandem Leo dan berakting dengan cukup baik

Alur film ini berjalan lambat. Bagi sebagian orang mungkin akan membuat ngantuk -terbukti dengan penonton di depan saya yang mengeluh ngantuk berkali-kali. Film ini seakan menuntut penontonnya untuk memperhatikan detail, menonton dengan serius hingga nantinya bisa menebak kejutan yang disajikan di bagian akhir.

Bagi penggemar film thriller pasti sudah familiar dengan plot yang ada di film ini. Namun bagi yang tidak ada dua kemungkinan yang akan didapatkan : pertama, akan tertantang dan berspekulasi tentang akhir kisahnya atau kedua, justru malah memaki dan pusing tujuh keliling karena gak mengerti dengan ceritanya. Saya pribadi cukup menggemari film thriller dan berhasil mengungkap akhir film ini lewat versi saya sendiriđŸ™‚

Musik pengiring film ini di beberapa bagian cenderung berlebihan -apalagi di bagian awal yang menurut saya cukup mengganggu. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa musik pengirinya berhasil membuat suasana mencekam semakin terbangun dan membawa emosi penonton larut ke dalamnya.

Saya kurang suka dengan beberapa pengambilan gambar outdoor yang terlihat jelas menggunakan teknologi green screen. Buat sebagian orang memang gak terlalu menganggu, tapi buat saya detail gambar yang bagus pastinya akan menunjang keseluruhan film itu sendiri. Sayang sekali potongan gambarnya terlihat kasar.

Artistik film ini dahsyat -meski nuansa tahun 50 an menurut saya masih kurang. Saya suka sekali saat scene kebakaran dan Teddy (Leo) memeluk Dolores (Michelle) dari belakang. Saya juga suka ketika adegan di camp Nazi. Bagian lain yang cukup ciamik adalah ketika Teddy berlari-lari saat memasuki bangsal C.

Sebuah film yang menawarkan teki-teki untuk penontonnya dengan penampilan akting memukau dari Leonardo Dicaprio


Jenis Film : Thriller
Sutradara : Martin Scorsese
Pemain : Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley, Michelle Williams
Penulis : Laeta Kalogridis (skenario), Dennis Lehane (novel)
Produksi : Paramount Pictures

Posted in: Uncategorized