[review] UP (2009)

Posted on 13 March 2010

3


Carl dan Ellie adalah pasangan yang sama-sama mengidolakan Charles Muntz dan senang berpetualang. Berkenalan sejak kecil, keduanya akhirnya menikah dan terus berupaya menggapai mimpi mereka untuk berpetualang ke Paradise Falls seperti yang dilakukan Charles Muntz. Sayangnya banyak halangan merintang dan belum sempat Carl membawa Ellie ke Paradise Falls, istrinya itu meninggal dunia. Sepeninggal Ellie, Carl hidup sendiri dan rumahnya terancam digusur karena ada pembangunan real estate di lingkungannya. Saat Carl direkomendasikan untuk pindah ke panti jompo, Carl memilih kabur dan mengejar impiannya -juga impian Ellie- untuk pergi ke Paradise Faals dengan cara menerbangkan rumahnya. Tapi nyatanya bukan hanya Carl yang terbang, tetapi Kurt -seorang pramuka cilik yang sedang dalam misi untuk mendapatkan satu badge terakhir- turut ikut serta. Carl dan Kurt berpetualang dengan rumah terbang, menuju Paradise Faals dan menemukan petualangan yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

Sebuah kisah menyentuh dalam kemasan animasi yang cantik.
Pixar kembali mengukuhkan diri sebagai produsen film animasi dengan karya-karya ciamik yang selalu bisa menghibur penonton tidak hanya dengan gambar yang indah melainkan juga dengan cerita simpel yang menarik, berisi dan menghibur. Setelah sukses dengan WALL E di tahun 2008, Pixar hadir dengan UP di tahun 2009 yang meraih kesuksesan yang sama.

Saya suka sekali cerita film ini.
Di bagian awal, terlebih di bagian montage kebersamaan Carl dan Ellie, saya sungguh-sungguh suka dan terharu. Potongan-potongan singkat kebersamaan mereka yang sukses mencuri perhatian saya, menohok hati saya. Ide menerbangkan rumah juga oke banget! Kefikiran aja gitu untuk menerbangkan rumah untuk menggapai mimpi? Cool abis! Bagaimana petualangan Carl dan Kurt di Paradise Falls juga merupakan bagian yang menyenangkan untuk disimak. Intinya, keseluruhan cerita film ini sangat menarik untuk diikuti.

Animasi film ini indah sekali.
Warna-warni pastel yang manis mendominasi dan berhasil memanjakan mata. Balon-balon yang menjadi salah satu ornamen spesial di film ini berhasil menambah indahnya film ini. Tidak hanya gambar yang cantik, musik scoring film ini juga indah sekali dan membuat kemasan film ini menjadi makin bagus. Terbukti dengan beberapa penghargaan yang diraih film ini -termasuk keberhasilannya meraih Oscar untuk kategori animasi terbaik dan musik scoring terbaik.

Sebuah film dengan kisah simpel yang menghibur dalam kemasan yang indah

Jenis Film : Drama Animasi
Sutradara : Pete Docter, Bob Peterson
Pengisi Suara : Edward Asner, Christopher Plummer, Jordan Nagai, Bob Peterson
Penulis : Pete Docter, Bob Peterson
Produser : Jonas Rivera
Produksi : Pixar
Penghargaan : 2 Oscar 2010 (Best Animated & Best Original Score) dan 3 nominasi lainnya (Best Sound Editing, Best Screenplay, Best Picture)

Posted in: Uncategorized