Precious : Based on the Novel Push by Sapphire (2009)

Posted on 21 March 2010

6


Sebuah film yang gelap. Bukan, bukan karena karakter utama film ini berkulit gelap. Yang saya maksud di sini adalah keseluruhan isi film ini yang memang terasa kelam, muram dan penuh liku. Adalah Claireece Precious Jones (Gaby Sidibe), remaja 16 tahun, bertubuh besar yang membuat dirinya sering menjadi bahan ejekan, ia sedang mengandung anak kedua -yang merupakan ‘projek’ kelakuan bejat ayahnya, dan ia juga harus hidup dengan Mary (Mo’Nique), ibunya yang keras, kasar dan menyeramkan. Bagaimana Claireece menjalani hidupnya? Semua dapat kamu saksikan di film yang berdurasi 110 menit ini.

Diangkat dari novel Push karya Sapphire, kisah film ini terasa sangat emosional. Kehidupan kelam Claireece dan usahanya untuk bangkit, untuk menata ulang semuanya dengan cara perlahan menjadi sebuah tontonan yang berhasil mengaduk-aduk emosi. Sebuah kisah apik. Wajar rasanya film ini berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Adapted Screenplay -meski sejujurnya saya masih sedikit sakit hati karena bukan Up in the Air yang menang😀

Ini adalah penampilan perdana Gabourey Sidibe dan ia berhasil memerankan perannya dengan sangat baik. Terbukti dengan namanya yang selalu tercatat dalam deretan aktris terbaik -termasuk di Oscar. Raut wajah, perubahan air muka, bahasa tubuh dan kegelisahan Claireece dimainkannya dengan apik. Sebuah debut yang menjanjikan Gaby!

Ada satu nama lain yang memang menunjukan akting paling memukau. Dialah Mo’Nique, peraih Best Supporting Actress di berbagai macam penghargaan, salah satunya Oscar! Gak ada kata lain, akting Mo’Nique memang sangat memukau. Saya sampai bergidik ngeri ketika melihatnya berteriak, memaki dan mengumpat.

Sebetulnya tidak hanya Gaby dan Mo’Nique saja, boleh dibilang film ini memang berhasil menempatkan aktor-aktris yang pas. Bahkan Mariah Carey saja bisa tampil meyakinkan dan melepaskan atribut glamornya di film ini! Penampilan singkat Lenny Kravitz juga patut disimak!

Ironis. Film ini selalu menampilkan imajinasi Claireece yang beraneka rupa, mulai dari menjadi penyanyi, berjalan di atas red carpet, dipuja lelaki, dan lain-lain, ketika Claireece sedang berada dalam kondisi yang tidak enak. Sebuah situasi yang sangat tidak sinkron. Sebuah wujud pelarian Claireece dari realita yang begitu hitam. Satu cara yang terasa realistis.

Inspiratif. Kisah ini menawarkan sebuah perjuangan hidup dari seorang remaja untuk kembali mendapatkan kehidupannya. Sebuah kisah yang sangat emosional. Satu kisah yang membuat saya terpaku menontonnya hingga habis. Emosional. Sangat emosional.

Jenis Film : Drama
Sutradara : Lee Daniels
Pemain : Gabourey Sidibe, Mo’Nique, Paula Patton, Mariah Carey, Lenny Kravitz
Produser : Gary Magness
Produksi : Lionsgate Films
Tagline : Life is hard. Life is short. Life is painful. Life is rich. Life is….Precious.
Awards : 2 Oscar 2010 [Best Actress & Best Adapted Screenplay]
Memorable Quotes :
– Everybody’s good at something
– The longest journey begin with a single step

Posted in: Uncategorized