[Aktris] Dian Sastrowardoyo

Posted on 4 April 2010

0


Diandra Paramita Sastrowardoyo, atau yang lebih dikenal dengan nama Dian Sastro adalah salah satu aktris yang dikenal selektif dalam memilih peran. Mengawali kariernya sebagai pemenang di ajang Gadis Sampul 1996, Dian melakukan debut di dunia film lewat perannya sebagai Dona di film independen berjudul Bintang Jatuh yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo.

Aktingnya di Bintang Jatuh tidak terlalu istimewa, namun jelas terlihat bahwa Dian memiliki bakat yang begitu besar. Setahun setelah debutnya, Dian menunjukan kemajuan pesat di film Pasir Berbisik dimana di film ini ia beradu akting dengan aktor senior seperti Christine Hakim, Slamet Rahardjo dan Didi Petet. Kesediannya tampil jelek dan hitam, serta kemampuan aktingnya yang kian terpoles membuahkan dua gelar aktris terbaik di dua festival film internasional. Di bulan Februari 2002, Dian tampil dalam film remaja fenomenal berjudul Ada Apa Dengan Cinta. Lewat film ini nama Dian langsung meroket, ia semakin dikenal luas dan aktingnya di film ini begitu membekas hingga kini, piala Citra di FFI 2004 pun berhasil ia raih.

Sempat ‘numpang lewat’ di film Arisan dan Putri Gunung Ledang, menjadi pasangan Tora Sudiro di Banyu Biru, menjadi penjual tiket Busway di Ungu Violet dan menjadi gadis gila di Belahan Jiwa, Dian menampilkan akting yang tidak terlalu istimewa, ia seakan terkena ‘kutukan’ peran Cinta dimana di film yang ia mainkan, nuansa Cinta masih sangat terasa. Bahkan di Belahan Jiwa, Dian sebagai peran utama seakan kalah pesona oleh Dinna Olivia. Meski begitu pamor Dian sebagai aktris papan atas tidak tergoyahkan, terbukti dua penghargaan berhasil ia raih lewat film Ungu Violet.

Setelah berakting bersama Christian Sugiono di film pendek (Bukan) Kesempatan yang Terlewat, Dian vakum selama dua tahun sebelum akhirnya ia kembali dengan dua film sekaligus. Lewat Drupadi, Dian kembali menunjukan performa prima, ia berhasil memainkan perannya dengan apik dan menunjukan kelasnya sebagai aktris. Sebagai informasi, di film Drupadi, selain sebagai aktris, Dian juga menjajal posisi baru sebagai produser. Dian menutup tahun 2008 dengan tampil maksimal sebagai penyanyi dangdut seksi bernama Donna Satelit di film 3 Doa 3 Cinta yang kembali mempertemukannya dengan Nicholas Saputra. Meski hanya sebagai peran pendukung, Dian berhasil mencuri perhatian lewat suara bagus dan goyangan satelitnya (yang menurut saya lebih oke dari Titi Kamal di Mendadak Dangdut), dan scene video castingnya yang sukses mengocok perut.

Sepanjang tahun 2009 Dian tidak terlibat dalam produksi film apapun. Ia sedang menjajal peruntungan lain dengan menjadi pekerja kantoran. Ia hanya tampil di iklan komersial beberapa produk yang memasangnya sebagai duta. Di beberapa kesempatan Dian pernah menyebut bahwa ia bosan jika dirinya selalu dijadikan komoditi, untuk itu ia ingin sekali mencoba bidang lain. Dan Dian juga pernah berkata bahwa awal ia terjun ke dunia film ia ingin sekali untuk berada di belakang layar, namun ia justru ‘kecemplung’ menjadi pemain dan berlanjut hingga kini. Dian telah berhasil menjadi aktris, ia juga telah menjajal posisi sebagai produser, kita tunggu saja gebrakan Dian selanjutnya, menjadi sutradara, mungkin?

Filmografi :
Bintang Jatuh (2000)
Pasir Berbisik (2001)
Ada Apa Dengan Cinta (2002)
Arisan! (2002)
Puteri Gunung Ledang (2004)
Banyu Biru (2005)
Ungu Violet (2005)
Belahan Jiwa (2005)
(Bukan) Kesempatan yang Terlwat (2006)
Drupadi (2008)
3 Doa 3 Cinta (2008)

Penghargaan :
Aktris Terbaik Festival Film Deauville, Perancis -Pasir Berbisik (2002)
Aktris Terbaik Festival Film Internasional, Singapura – Pasir Berbisik (2002)
Aktris Terpuji Festival Film Bandung – Ada Apa Dengan Cinta (2002)
Nominasi Aktris Terbaik Festival Film Indonesia – Pasir Berbisik (2004)
Aktris Terbaik Festival Film Indonesia – Ada Apa Dengan Cinta (2004)
Aktris Berbakat Festival Film Asia Pasifik – Ungu Violet (2005)
Aktris Terfavorit, MTV Indonesia Movie Awards – Ungu Violet (2005)
Nominasi Best Crying Scene, MTV Indonesia Movie Awards – Ungu Violet (2005)
Actress of the Year, Elle Awards – 3 Doa 3 Cinta (2009)

Informasi Tambahan :
– Ketika meraih Citra di FFI 2004, Dian menyebut Sapto Soetardjo (casting director) sebagai seseorang yang melahirkan ia di industri film.
– Setelah berakting di film Pasir Berbisik, Dian yang semula kuliah di FHUI memilih pindah jurusan ke Fakultas Filsafat.

Posted in: Uncategorized