[review] It’s Complicated (2009)

Posted on 4 April 2010

0


Jane (Meryl Streep) adalah janda tiga anak yang juga merupakan pemiliki sebuah toko roti. Sudah sepuluh tahun Jane bercerai dengan Jake (Alec Baldwin), semenjak mantan suaminya itu meninggalkannya demi seorang wanita lebih muda yang bernama Agnes (Lake Bell). Jane sedang memiliki projek renovasi rumah bersama Adam (Steve Martin), seorang duda yang juga merupakan arsiteknya. Ketika akan menghadiri wisuda putra bungsu mereka, tanpa sengaja Jane dan Jake terlibat dalam sebuah perbincangan seru yang berujung pada sebuah affair. Di sisi lain, Adam datang menawarkan sesuatu yang baru untuk Jane, dan Jake pun harus menyadari bahwa Agnes dan Pedro, putra mereka yang baru berumur lima tahun telah menunggu di rumah. Well, it’s complicated!

Sebelumnya saya sudah menonton The Holiday (2006), yang merupakan film terakhir Meyers sebelum menulis dan menyutradarai film ini, saya suka The Holiday dan kini saya juga menyukai karya terbaru Meyers yang tetap bernuansa sama. Ringan, menghibur dan manis. Segmentasi film ini (mungkin) memang ditujukan untuk orang dewasa, tapi Meyers apik mengemasnya hingga siapapun bisa terhibur dengan jalinan cerita yang ia buat. Didukung oleh akting prima para aktor dan aktrisnya, It’s Complicated merupakan sebuah film yang berhasil membuat saya betah menontonnya dari awal hingga akhir.

Meryl Streep adalah dewi. Sudah jelas ia memang salah satu aktris terbaik di muka bumi ini. Kemampuan aktingnya yang prima serta pesonanya yang tetap luar biasa di umurnya yang tidak lagi muda menjadikan Meryl Streep benar-benar hidup di film ini. Alec Baldwin dan Steve Martin pun berhasil menjadi pasangan yang cocok dengan karakter yang berlawanan. Tidak hanya itu, John Karsinski sebagai pemeran pendukung juga cukup berhasil menghidupkan karakternya dan memberi warna tersendiri untuk film ini.

Ada sedikit dejavu ketika menyaksikan Meryl Streep di film ini, sedikit mengingatkan saya pada perannya di film Julie & Julia, jago masak, bernuansa Prancis dan berkarakter atraktif. Tapi itu tidak menjadi sebuah hal penting karena (lagi-lagi) kemampuan prima Meryl Streep berhasil membuat karakter Jane terbentuk dengan jelas. Satu catatan tambahan : departemen artistiknya berhasil membuat film ini menjadi semakin manis dan enak untuk ditonton.

Sebuah tontonan yang ringan, menghibur dan manis.


Genre : Drama romantis
Sutradara & Penulis : Nancy Meyers
Pemain : Meryl Streep, Alec Baldwin, Steve Martin, John Krasinski, Lake Bell, Mary Kay Place, Rita Wilson.
Produser : Nancy Meyers, Scott Rudin
Produksi : Universal Pictures
Tagline : First comes marriage. Then comes divorce. And then…
Penghargaan : 3 Nominasi Golden Globes 2010 (Best Actress, Best Pictures – Comedy, Best Screenplay)

Posted in: Uncategorized