(Review) Demi Dewi [2010]

Posted on 1 May 2010

4


Setelah tahun lalu hadir lewat film Rasa, tahun ini Charles Gozali hadir dengan film terbarunya yang berjudul Demi Dewi. Sebuah film drama yang tetap diselipi unsur aksi yang sudah ‘Charles banget’. Kali ini saya mencoba untuk menuliskan pendapat saya setelah menyaksikan film ini, hari Senin kemarin.

1. Demi Dewi hadir dengan struktur cerita yang lebih tertata dan lebih baik. Premisnya menarik. Dari porsi drama, Charles menghadirkan kisah yang -sebetulnya- berpotensi besar memancing tangis haru penonton, namun hal ini tidak terlalu berhasil. Plot penceritaannya masih terasa kurang halus dan kurang berhasil membawa mood penonton untuk ikut merasa sedih.

2. Dialog masih terasa kaku. Om Charles sepertinya senang sekali menggunakan bahasa baku yang sejujurnya terasa ‘gerah’ di kuping. Andai pilihan kalimat yang diucapkan para tokohnya lebih terasa ‘nyata’ dan gak ‘kaku’, pasti akan menjadi lebih menarik.

3. Mau melihat Wulan Guritno tampil layaknya Angelina Jolie? Lihat film ini. Porsi aksi yang dilakukan WG di film ini memang cukup banyak, di beberapa bagian memang menarik, namun untuk saya masih terasa sekali hal-hal gak masuk akal yang nampak dengan jelas -tidak seperti di Hollywood dimana hal gak masuk akal bisa tertutupi dengan tampilan memukau yang membuat penonton seringkali lupa. Tapi tetap, saya acungkan jempol untuk kesetiaan Charles mengangkat unsur aksi di setiap karya yang dibuatnyašŸ™‚

4. Dua pemain utama film ini berakting baik. Winky Wiryawan bermain apik, di sini Winky bintangnya, ia mampu membawakan perannya dengan maksimal, total banget lah pokoknya! Wulan Guritno pun begitu, ia berakting maksimal meskipun terkadang saya merasa kesinambungan mood karakter Dara terasa on – off. Di penghujung film, dimana emosi dua karakter utama ini mencapai puncaknya, Winky dan Wulan memperlihatkan kemampuan terbaik mereka.

5. Berkebalikan dengan Winky dan Wulan. Pemeran pendukungnya sedikit mengecewakan! Sendy Taroreh aktingnya jelek banget. Tiap kemunculannya, saya selalu ingin scene itu segera berakhir karena malas melihat aktingnya yang tidak maksimal. Volland Humonggio? Cukup menarik, sedikit mengingatkan pada karakter Joker -dalam kemasan lokal tentunya. Ray Sahetapy tidak terlalu bagus, justru -menurut saya -caranya membawakan karakternya terasa ‘ganggu’. Widyawati? Kemunculan singkatnya berhasil mencuri perhatian, kecantikan alaminya sungguh mempesona. Dan sedikit catatan dari saya, peran-peran kecil di film ini seharusnya bisa diisi oleh pemain yang lebih baik.

Meski belum terlalu memuaskan saya, Charles telah berhasil naik tingkat dari segi cerita lewat film keduanya ini. Demi Dewi adalah sebuah film dengan penampilan memukau dari dua pemeran utamanya dan penanda bahwa seorang sutradara bernama Charles Gozali telah menemukan ciri khasnya.

Jenis Film : Drama Aksi
Sutradara/Penulis : Charles Gozali
Pemain : Wulan Guritno, Winky Wiryawan, Widyawati, Ray Sahetapy, Sendy Taroreh, Volland Humonggio, Robertino, Reny Sutyoso, Linawati Halim, Bulan Ayu, Bella Gracera Amanda Putri
Produser : Hendrick Gozali, Winky Wiryawan, Wulan Guritno
Produksi : Magma Entertainment

Posted in: Uncategorized