Goelali Children’s Film Festival 2010

Posted on 25 May 2010

4


Festival film anak-anak dengan beragam aktivitas telah hadir di tengah-tengah anda!

Setelah berhasil menyelenggarakan festival pertamanya di tahun 2009 dengan total lebih dari 100 film, 30 workshop, dan 4.200 pengunjung, Goelali Foundation kembali mempersembahkan Goelali Children’s Film Festival 2010. Acara yang diorientasikan untuk para keluarga ini dilaksanakan mulai tanggal 12-20 Juni 2010 di Miniapolis, Plaza Indonesia dan Taman Ismail Marzuki.

Goelali Children’s Film Festival merupakan sebuah wadah untuk anak-anak berusia 3 – 16 tahun. Dengan mengusung tema “A Celebration of Fun Activities for All Children”, Festival Goelali mencoba mengenalkan anak-anak ke dalam industri perfilman. Dari mulai membebaskan pikiran mereka untuk berimajinasi melalui film, membuat ide cerita, menulis naskah, terlibat dalam proses produksi, hingga akhirnya menikmati hasilnya melalui layar lebar.

“Tahun lalu, anak-anak yang berpartisipasi jumlahnya mencapai lebih dari 4200 orang. Anak-anak tidak hanya bisa menonton film secara gratis saja, tetapi juga bisa mengembangkan kreatifitas mereka lewat berbagai macam pelatihan dan aktivitas. Goelali ingin memberikan anak-anak inspirasi untuk lebih kreatif lewat kegiatan yang disediakan,” ujar Dinna Jasanti selaku Festival Director Goelali.

Menuju acara puncaknya, Festival Goelali sudah menjalankan berbagai kegiatan sejak bulan Januari 2010, antara lain:

1. Goelali Storytelling Workshop bersama Sheila Wee “Godmother of Storytelling” dari Singapura, Kak Agus DS, dan Poetri Suhendro. Para pendongeng handal ini tidak hanya berbagi ilmu kepada anak-anak saja tetapi juga kepada para guru dan orang tua.
2. Goelali School Roadshow. Goelali mendatangi 14 sekolah di Jabodetabek. Selain melakukan pemutaran film pendek, Goelali memberikan storytelling program dan workshop animasi untuk anak-anak.
3. Goelali Goes to Community. Goelali membawa banyak film dan workshop kreatif ke berbagai komunitas anak-anak.
4. Festival Film Anak Internasional dengan tema Sahabat Dunia. Goelali bekerja sama dengan Bengkel Kreatif mengunjungi 30 sekolah di bulan April-Juni dan memutarkan film-film anak sesuai jenjang pendidikan mereka.

Selama roadshow dan di acara puncaknya, anak-anak tidak hanya bisa menonton film-film dari Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai negara di belahan Asia dan Eropa. Misalnya seperti Stormheart, sebuah film dari Finlandia yang mengisahkan persahabatan anak perempuan dengan seekor anak anjing pasca reruntuhan tembok Berlin. Mozart in China, tentang petualangan anak laki-laki keturunan China-Austria bersama Mozart si boneka wayang & teman-temannya. Ada juga film animasi dan kompilasi film pendek yang tergabung dalam “Best of The Fest Award-Winning Films from Chicago International Children’s Film Festival”. Sedangkan dari negeri sendiri, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Garuda Di Dadaku berjaya di layar perak Festival Goelali.

Beberapa film yang diputarkan dalam Goelali Children’s Film Festival tak lepas dari dukungan Sinematek Indonesia, Kineforum, Embassy of the Kingdom of the Netherlands, Embassy of France, Embassy of Finland, Embassy of Denmark, Instituto Italiano di Cultura, dan Japan Foundation.

Goelali lebih dari festival film biasa! Goelali menyelenggarakan sejumlah workshop, pameran, performances, dan kompetisi yang memfasilitasi anak-anak untuk semakin kreatif dalam berimajinasi dan berkarya. Seperti Scriptwriting Workshop, Film Making Workshop, Sound Design Workshop, Animation Workshop, Magic Workshop, Book llustration workshop, Finger Printing Art Workshop, “Hero Outfit” Art Workshop, Book & Children’s Art Work Exhibiton, Face Painting, Book Drawing Competition, Storytelling Weekend, dan masih banyak lagi!

Sedangkan para ibu bisa mengikuti Talkshow “Mengenal Ilustrasi Buku Anak Lokal” dan Seminar & Workshop with Mommeworld. Menunggu si buah hati pun menjadi menyenangkan dan menambah wawasan bersama Goelali!

Untuk semua kegiatan dan pelatihan, Goelali didukung sepenuhnya oleh Bengkel Kreatif, International Design School (IDS), Jalan Sesama, Kelir, Dongeng Minggu, Mindlab, Pokolemo, Serunya Scriptwriting, Prix Jeunese, Minikino, Storywise, Trilogy Magic, Blockbuzzter, Media Indonesia, Simple Media, dan Mommeworld.

Ayo kunjungi semarak Goelali Children’s Film Festival 2010 bersama ayah, ibu, paman, bibi, kakak, adik, sepupu, serta teman-teman di Miniapolis, Plaza Indonesia dan Taman Ismail Marzuki dari tanggal 12-20 Juni 2010. Dukung semua kegiatan positif yang melatih kecerdasan dan kreativitas anak!

Goelali Children’s Film Festival 2010, more films, more workshops, more activities, more children, and absolutely more fun!

Informasi Lebih Lanjut :
Website
Facebook Page
Twitter : @goelalifest

Posted in: Uncategorized