[Preview] I Know What You Did On Facebook [2010]

Posted on 4 July 2010

1


Sinopsis :

Semua bergumul di facebook.Harapan, pelarian, kerinduan, balas dendam. Adakah facebook menjadi jalan konkrit ketika sebenarnya ada sesuatu yang riil yang bisa diandalkan dalam hubungan antar manusia yakni sentuhan nyata dan perasaan….

Luna gelisah. Bimbang. Ia sudah harus menikah atas permintaan ibunya. Celakanya ia dirundung keraguan yang hebat pada kekasih yang sudah tiga tahun pacaran dengannya. Sang kekasih, Reno, makin memperlihatkan perbedaan sikap yang sangat mengganggu Luna. Reno seorang mahasiswa yang slebor, semau gue, eksentrik dan terkesan sarkartis. Sudah kuliah di tahun ke lima, tapi skripsinya masih ‘apa kabar’. Sementara Luna dengan keanggunan dan kesantunannya seperti bumi dan langit dengan Reno. Luna yang sudah lulus dan punya karier bagus, mulai menimbang-nimbang, sepertinya dia tak berjodoh dengan Reno.

Dalam kebimbangannya, Luna bertemu dengan Via, teman SMP yang juga punya problem sama dengan Luna. Bedanya, Via yang atraktif dan cuek merasa bosan dengan kekasihnya, Hedi, yang konservatif, pendiam dan seperti tidak punya ‘jiwa’. Secara spontan Via mengajak Luna melakukan sebuah ide gila: ia mengajak Luna untuk saling menggoda kekasih masing-masing lewat facebook. Luna mengakrabi Hedi, dan Via ‘pedekate’ dengan Reno.

Kisah Luna & Reno diwarnai dua kisah lain. Doni, kakak Reno, seorang gay yang belum berani mengungkapkan jati dirinya ke permukaan. Ia jatuh cinta pada Erik, rekan kerjanya. Tapi Erik menunjukkan sikap angkuh dan antipati pada Doni. Di facebook, Doni membuat account samaran dengan nama ‘Mr. Banana’. Ia berhubungan sangat dekat dengan pemilik account yang menamakan diri ‘Monkey’. Keduanya sangat mesra di facebook. Keduanya tak malu-malu menampakkan diri sebagai gay. Sesuatu kemudian terjadi di antara chit chat mereka. Doni yang sudah depresi tak mendapatkan cinta Erik akhirnya mengakui blak-blakan pada ‘Monkey’ jati dirinya.

Kisah kedua, Marlene, kakak Luna, istri baik hati, penurut, tapi kesepian dan kenyang diacuhkan suaminya, Aryo. Suatu hari Luna memperkenalkan Marlene pada facebook, sebuah ‘kendaraan’ yang akhirnya membawa Marlene pada dunia yang mengejutkannya. Dunia yang membawa kehangatan lewat komunikasi intensif dengan seorang cowok muda. Si cowok yang bernama Jodi itu, dengan telak berhasil menerbangkan Marlene lewat komunikasi erotis yang sangat menggoda. Marlene terkesima dan terbius dengan sentuhan baru itu. Ia tak pernah tahu, sesungguhnya Jodi adalah wujud lain dari seorang psikopat yang tak percaya diri.

Bagaimana kisah selanjutnya? Film yang akan diputar serentak di bioskop tanggal 15 Juli 2010 ini memang patut untuk disimak. Selain menampilkan bintang-bintang yang berkualitas, cerita yang dibangun juga sangat menarik, apalagi di besut oleh sutradara Awi Suryadi yang banyak melahirkan film-film bermutu seperti Asmara Dua Diana, Selendang Rocker, Gua Kapok Jatuh Cinta, Cintaku Selamanya, Claudia/Jasmine dan Sumpah Pocong di Sekolah.

Jenis Film : Drama
Sutradara : Awi Suryadi
Penulis : Awi Suryadi & Alberthiene Endah
Pemain : Fanny Fabriana, Edo Borne, Kimmy Jayanti, Imelda Therinne, Yama Carlos, Agastya Kandau, Fikri Ramdhan, Restu Sinaga
Produser : Shankar Rs. B.sc., Awi Suryadi, Pms Tjandra & Fery Wiraatmadja
Produksi : Digital Film Maker & Sisterbros Nationtainment

Preview :
Awi Suryadi pernah sukses menghadirkan kisah cinta manis nan apik dalam film Claudia/Jasmine. Kini ia kembali ke jalur drama dengan membesut film berlatarbelakang website pertemanan paling hits : Facebook. Berkolaborasi dengan Alberthiene Endah, hadir kisah yang sepertinya cukup menarik untuk disimak.

Dilihat dari sinopsis dan trailer, saya menyukainya dan tergelitik untuk mengetahui keseluruhan film ini. Awi jempolan membesut drama, lewat Claudia/Jasmine ia sudah membuktikannya, dan kini nampaknya ia akan kembali membuktikan diri bahwa ia adalah salah satu sutradara yang potensial menghadirkan film drama romantis.

Dari jajaran pemain, Fanny Fabriana kembali hadir setelah bermain apik di Hari Untuk Amanda dan -sedikit mengecewakan- di Sehidup Tak Semati. Edo Borne kembali mendapatkan porsi pemeran utama seperti di film Romeo & Juliet. Ditambah dukungan dari Agastya Kandau, Yama Carlos, Imelda Therinne dan Restu Sinaga yang sepertinya bisa menyokong kemampuan akting pemeran utama. Jangan lupakan debut akting model muda berbakat Kimmy Jayanti yang bisa saja menjadi the next Dominique Diyose yang berhasil menapaki dunia akting dengan baik lewat debut aktingnya di film Berbagi Suami.

Di tanggal 15 Juli nanti ada 2 film Awi Suryadi yang akan tayang. Film ini dan Topeng Pengantin. Saya pribadi lebih tertarik dengan film ini. Semoga ekspektasi saya yang cukup tinggi nantinya bisa terpenuhi. Semoga.

Posted in: Uncategorized