[Review] 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta [2010]

Posted on 4 July 2010

4


Kembali hadir kisah cinta yang terpisah oleh perbedaan agama. Kali ini datang dari seorang Benni Setiawan yang sebelumnya membesut Bukan Cinta Biasa (2009) dan Cinta Dua Hati (2010), dimana dalam dua film tersebut Benni juga kerap memasukkan unsur agama, meski porsinya tidak banyak.

Kini, berangkat dari novel laris yang ditulis oleh Ben Sohib, Benni menulis skenario dan menyutradarai film yang menceritakan tentang Rosid (Reza Rahadian) dan Delia (Laura Basuki), pasangan muda yang terbentur satu masalah besar : keyakinan mereka berbeda, Hubungan keduanya ditentang oleh keluarga masing-masing, dan karenanya Rosid dan Delia berusaha mencari jalan terbaik bukan hanya untuk mereka berdua, tetapi juga untuk orang lain.

Di tahun 2008, film independen cin(T)a yang disutradarai Sammaria Simanjuntak juga menghadirkan tema serupa. Lewat skenario yang ditulisnya bersama Sally Anom, hadir kisah cinta antara Annisa dan Cina. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta tidak jauh berbeda, namun film ini dibuat lebih detail, dalam, dan dikemas dengan balutan komedi lengkap dengan racikan drama yang porsinya lebih banyak.

Ini adalah film Benni Setiawan yang menurut saya paling menghibur. Di film ini Benni berhasil meracik cerita yang enak untuk diikuti. Drama-nya menarik, komedinya menggelitik. Pas. Tidak kurang. Tidak lebih. Ia berhasil membawa penonton ikut larut dalam naik turunnya hubungan Rosid dan Delia, lengkap dengan problem Rosid dengan keluarganya yang tidak kalah intens. Di film ini, Benni juga berhasil menghadirkan gambar-gambar yang cantik, indah untuk dipandang. Dan satu hal lagi, Benni juga berhasil mengarahkan para pemainnya untuk berakting maksimal.

Tidak bisa dipungkiri Reza Rahadian adalah aktor muda berbakat yang kian hari kemampuan aktingnya makin terasah dan tidak perlu diragukan lagi. Setelah tampil gemilang di Alangkah Lucunya Negeri Ini, Reza melanjutkan kegemilangan aktingnya lewat peran Rosid, lengkap dengan rambut kribo-nya yang terlihat pas di kepalanya. Laura Basuki menunjukan kemajuan pesat di film keduanya ini. Sukses dengan debut aktingnya di Gara-Gara Bola (dimana ia mendapat 2 penghargaan IMA), di sini Laura berhasil memainkan perannya dengan apik, ekspresi dan emosi tersampaikan dengan baik. Arumi Bachsin, meski tidak muncul di banyak scene, juga berhasil mencuri perhatian dengan kecantikannya berbalut jilbab dan tutur kata halusnya –saya harus akui Arumi lebih cantik dengan pakaian tertutup! Henidar Amroe dan Rasyid Karim juga sangat berhasil memainkan karakternya dengan baik. Mereka berdua membuat film ini menjadi kian hidup. Intinya, hampir semua pemain di film ini berhasil membawakan perannya dengan maksimal.

3 Hati 2 Dunia 1 Cinta berhasil menghibur saya.
Dramatisasinya menarik. Komedinya asik. Deretan pemainnya ciamik. Sutradaranya sangat apik. Ini adalah pilihan sempurna bagi kamu yang ingin mendapatkan sebuah tontonan yang menghibur.

3/5

Beberapa quote :
Ngidupin sastra? Ngidupin motor aja susah – Delia

Ya abis, pegangan apa lagi dong? – Delia
Pegangan ama Tuhan – Rosid

Kenapa sih orang bisa ngebedain cinta karena perbedaan? – Delia

Hah? Mandra bikin puisi Cit? – Muzna

Buat apa kita bahagia kalo banyak yang nangis? – Delia

Jenis film : drama
Sutradara dan penulis : Benni Setiawan
Pemain : Reza Rahadian, Laura Basuki, Arumi Bachsin, Rasyid Karim, Henidar Amroe, Vicky Saputra, Zainal Abidin Domba.
Produksi : Mizan Production

Posted in: Uncategorized